Pengembangan Kampung KB di Desa Kedungsari

  • Jul 24, 2023
  • KEDUNGSARI-TAYU

Kamis, 20 Juli 2023 sosialisasi pengembangan kampung KB di Desa Kedungsari, Kecamatan Tayu. Adapun yang mengikuti kegiatan tersebut (Petugas Lapangan KB) bekerjasama dengan Pemerintah Desa serta tenaga terkait seperti Bidan Desa dan kader PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga berencana Desa.

Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat Rw, Dusun atau yang setara dengan kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program pembangunan antara program kependudukan, Keluarga berencana, serta pembangunan keluarga dan pembangunan sector terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat. Kampung KB mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat melalui program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) yang terintegrasi dengan sector pembangunan lainnya. Hal tersebut sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia kepada BKKBN (Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) agar dapat menyusun kegiatan/program yang dapat memperkuat upaya pencapaian target/sasaran pembangunan Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Sasaran Kampung KB terdiri dari sasaran langsung dan sasaran tidak langsung. Sasaran langsung meliputi keluarga, pasangan usia subur, masyarakat, balita, remaja dan lansia. Sedangkan sasaran tidak langsung meliputi tokoh-tokoh masyarakat, organisasi masyarakat pemuda, petugas lapangan, dan lain-lain.

Dengan diadakannya sosialisasi pengembangan kampung KB di Desa Kedungsari ini diharapkan agar semua keluarga di desa bisa terangkat secara kualitas.