PERANGKAT DESA KEDUNGSARI JALANI VAKSIN COVID-19

Pemerintah berusaha keras dalam menanggulangi penularan Covid-19 di Indonesia. Salah satu upaya pencegahan Covid-19 adalah dengan cara vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Selain petugas kesehatan, petugas pelayanan publik dan perangkat desa juga merupakan prioritas dalam penerimaan vaksin Covid-19, hal ini tertuang dalam Permenkes Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Rabu, 17 Maret 2021 Perangkat Desa Kedungsari, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, menerima vaksin Covid-19 berjumlah 10 orang. Pelaksanaan dimulai pukul 08.00-14.00 WIB, bertempat di Kantor Kecamatan Tayu dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

Perangkat Desa mengikuti prosedur vaksinasi. Sebelum menerima vaksin, peserta diharuskan mengisi data diri dan riwayat kesehatan. Bagi yang sedang hamil dan yang mempunyai penyakit penyerta bawaan tidak diperkenankan menerima vaksinasi Covid-19.

Untuk verifikasi data, pemeriksaan skrining diperiksa kembali untuk mengetahui apakah yang bersangkutan bisa menerima vaksin atau ditunda.

Apabila hasil skrining menunjukkan hasil bisa divaksinasi, maka berlanjut tahap penyuntikan vaksin. Dan setelah divaksin diharapkan menunggu kurang lebih 30 menit sebagai tahap observasi efek pemberian vaksin. Setelah proses observasi selesai diperbolehkan pulang sambil menunggu jadwal vaksinasi tahap kedua yang akan direncanakan pada tanggal 30 Maret 2021 dan 4 April 2021.

Salah satu Perangkat Desa Kedungsari, Basuki menyatakan tugas dan fungsi Perangkat Desa adalah sebagai pelayanan publik yang berhubungan langsung dengan masyarakat rentan terpapar Covid-19. Sehingga seluruh Perangkat Desa mendapat giliran setelah nakes dalam program vaksinasi.

“Alhamdulillah proses vaksinasi berjalan lancar, tetapi protokol kesehatan dalam semua kegiatan harus tetap dijalankan sebagaimana mestinya dengan menerapkan 5 M. Kesempatan ini pula merupakan satu upaya sosialisasi kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal, masyarakat tidak perlu takut divaksin agar penyebaran Covid-19 terputus. Semoga pandemi cepat berakhir,” imbuhnya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan